Minggu, 01 Juni 2014

Penulisan Ilmiah (edisi Kunjungan PLTMH)



Kunjungan PLTMH Universitas Muhamadiyah Malang


Sejak seminggu yang lalu persiapan matang untuk berkunjung ke PLTMH UMM. Akhirnya terlaksana juga kegiatan tersebut (Sabtu, 31-05-14). Canda dan suka ria menghiasi perjalanan kami. Mulai dari Surabaya-Kota Batu-UMM-Malang tak henti-henti tertawa serasa kalian teman-temanku yang terbaik. Walaupun saya baru satu semester bergabung seakan telah satu  tahun kenal lama. Saya pun dapat mengisi keceriahan dengan sedikit berbaut bahasa jawa ala surabayaan. 

Sebelum ke tempat yang dituju Pembangkit Listrik Tenagan Mikro Hidro Universitas Muhamadiah Malang (PLTMH UMM) kami singgah sejenak beristirahat ke kota Batu yang katanya terkenal sejuk. Tapi tidak, kota Batu bukan kota sejuk tapi lebih cocoknya kota dingin. Hari  itu, hanya beberapa teman saja yang berani mandi. Teman-teman yang lain hanya menyentuhkan air ke wajah tidak sanggup untuk mandi. 

Setelah peristirahatan dirasa cukup, selanjutnya kami menuju tempat yang direncanakan (PLTMH UMM). Betapa mengah UMM, begitu kami masuk. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, memang terasa capek namun keceriahan membalut rasa itu. Terutama kelucuan yang selalu di buat oleh rekan kami mas CP dan DMok. (coba lihat foto gambar pertama dari atas ada Ciptian tersesat mencari jalan turun wkwkwkw...)

PLTMH UMM mempunyai kapasitas pembangkitan daya 100 kW. Menurut saya cukup lumayan untuk kebutuhan daya penerangan jalan dan beberapa beban di UMM. Ternyata di UMM terdapat pembangki solar sel, peternakan hewan, labolatorium pertnakan dan pertanian. Wah pokonya lengkap. Ada hal yang sangat menakjubkan yaitu Masjid besar berdiri koko didepan kampus. Hebat…..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar